Desa Wisata Ngilngof Maluku Tenggara mendapat Penghargaan Best Homestay Award di ASEAN Tourism Awards 2023
2 mins read

Desa Wisata Ngilngof Maluku Tenggara mendapat Penghargaan Best Homestay Award di ASEAN Tourism Awards 2023

BimtekDesa – Salah satu Desa Wisata yang terletak di Maluku Tenggara terus berbenah dalam hal penerimaan wisatawan domestik dan mancanegara setelah meraih Best Homestay Award di ASEAN Tourism Awards 2023. Desa wisata tersebut adalah Desa Ngilngof yang berada di Kecamatan Manyeu, Kabupaten Maluku, Maluku Tenggara.

“Berbagai upaya telah dilakukan untuk menyambut wisatawan ke Desa Wisata Ngilngof, khususnya di kawasan Pantai Ngurbloat,” kata Ronald Tethool, pengelola Desa Wisata Ngilngof, di Ambon, hari Minggu kemarin.

Dan Salah satu upaya yang dilakukan ada;ah pelatihan pengelola homestay dan penginapan di kawasan Pantai Ngurbloat.

Baca juga: Peran Penting Data Prodeskel Dalam Tata Kelola dan Pembagunan Desa

Tidak sebatas itu, fasilitas homestay dan penginapan ditingkatkan sesuai standar nasional yang ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Desa Wisata Ngilngof Maluku Tenggara mendapat Penghargaan Best Homestay Award di ASEAN Tourism Awards 2023

“Semua upaya itu karena Desa Wisata Ngilngof meraih Best Homestay Award di ASEAN Tourism Awards 2023-2025,” lanjutnya.

Untuk Saat ini, sumber daya manusia (SDM) pengelola homestay sebagian besar terdiri dari penduduk setempat yang terlatih, sedangkan 20% memiliki latar belakang pendidikan pariwisata.

Hampir Sebagian besar homestay yang ada di Desa Wisata Ngilngof adalah cottage.  Desa Wisata Ngilngof memiliki 57 cottage yang terbagi menjadi 42 homestay di kawasan wisata Pantai Ngurbloat dan 15 homestay lainnya di kawasan pemukiman.

Baca juga: Contoh Soal dan Jawaban Manajerial Tes PPPK Teknis Terbaru Tahun 2023

pada kawasan wisata Pantai Ngurbloat terdapat 42 kamar diantaranya kamar dengan fasilitas non AC dan 10 kamar dengan AC.

Selanjutnya, Ia mengakui peningkatan jumlah wisatawan tersebut tidak terlepas dari berbagai upaya promosi Desa Wisata Ngilngof kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dan Upaya promosi telah dilakukan melalui media sosial Facebook, Instagram dan YouTube, serta mitra kerja yang saling membantu dengan dukungan berbagai inovasi di Pantai Ngurbloat.

ASEAN Tourism Awards merupakan pengakuan atas upaya para peserta pariwisata untuk menampilkan destinasi wisata yang berkualitas, dengan harapan ASEAN dapat menjadi single destination.

Indonesia meraih 20 penghargaan dalam empat kategori, yaitu 2nd ASEAN Public Toilet Awards 2023-2024, 2nd ASEAN Spa Services Awards 2023-2025, 3rd ASEAN Community Tourism Awards 2023-2025 dan 4th ASEAN Homestay Family Awards 2023-2025

Baca juga: Lowongan Kerja Freeport Indonesia, Segera Cek Posisi dan Kualifikasinya

Desa Wisata Ngilngof, Desa Wisata Dieng Kulon, Nusa, Malangga dan Desa Wisata Undisan menerima penhaegaan 4th ASEAN Homestay Awards 2023-2025.

Dan Desa Wisata Ngilngof menduduki puncak ASEAN Homestay Awards ke-4 2023-2025.  Desa wisata Ngilngof terkenal dengan pantai Ngurbloat.

Sumber: https://ambon.antaranews.com/