Review Produk Ceria sebagai Aplikasi Pinjaman Online dari Bank BRI
5 mins read

Review Produk Ceria sebagai Aplikasi Pinjaman Online dari Bank BRI

BimtekDesa – Keberadaan Pinjaman Online menuai pro dan kontra di tengah masyarakat. Tapi, tidak sedikit juga, masyarakat merasa terbantu dengan adanya Pinjaman Online tersebut.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) yang memiliki nasabah bank terbesar di Indonesia, mencoba  hadir dan memberikan solusi dengan menghadirkan Aplikasi Pinjaman Digital  yang resmi dan aman.

Dengan sebuah Produk Aplikasi Pinjaman Digital bernama Ceria, nasabah dengan mudah dapat mengakses pembiayaan transaksi melalui e-commerce, situs perjalanan daring, atau ride-sharing. Ceria BRI merupakan pinjaman digital yang ditujukan bagi nasabah BRI untuk melakukan pembayaran transaksi di platform kerja yang sama.

“Ceria dari Bank BRI sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi jangan ragu untuk mengajukan limit karena aman,” bunyi pernyataan BRI dalam laman resminya.

Fasilitas Ceria saat ini sudah dapat dinikmati nasabah tabungan Bank BRI yang telah mengajukan limit melalui Ceria dan mendapat persetujuan hanya dalam hitungan menit.

Baca juga: MENGENAL LEBIH DEKAT KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PERTANIAN MILIK PEMERINTAH

Review Produk Ceria sebagai Aplikasi Pinjaman Online dari Bank BRI
Review Produk Ceria sebagai Aplikasi Pinjaman Online dari Bank BRI

Ceria BRI menawarkan sejumlah manfaat menarik, mulai dari skema pay later atau bayar nanti, pengajuan kredit yang cepat hanya 10 menit, plafon hingga Rp 20 juta, bunga rendah 1,42 persen flat per bulan, gratis biaya admin bulanan, kemudahan pembayaran dengan cicilan hingga 12 bulan, dan tidak perlu repot ke kantor BRI. Nasabah yang ingin mengajukan pinjaman Ceria harus memenuhi tiga kriteria yakni memiliki e-KTP, terdaftar sebagai nasabah tabungan BRI, dan berusia minimal 21 tahun.

Keunggulan BRI Ceria adalah menawarkan persetujuan kilat dalam waktu 10 menit dan bunga pinjaman yang jauh lebih murah dibandingkan umumnya pinjaman online.

Sementara, kelemahan BRI Ceria adalah limit lebih kecil dibandingkan KTA dan Kartu Kredit, tenor juga lebih pendek hanya sampai 12 bulan, dan tidak selalu tersedia di semua merchant.

Baca juga: REKOMENDASI 6 APLIKASI PINJAMAN ONLINE PEMERINTAH MILIK BANK TERNAMA

Mengenal Apa itu BRI Ceria ?

BRI Ceria adalah aplikasi pinjaman paylater yang aman punya izin resmi OJK, bagian dari Bank BRI, dengan plafon Rp 20 juta, tenor 12 bulan, bunga 1,42% per hari,  bisa digunakan di merchant yang sudah menerima pembayaran dengan aplikasi ini.

Saat ini seluruh nasabah simpanan Bank BRI dapat melakukan pengajuan Fasilitas Ceria. Dengan menggunakan Ceria nasabah berkesempatan untuk mendapatkan fasilitas Ceria sampai dengan Rp 20 juta dimanapun dan kapanpun dengan proses kurang dari 30 menit.

  • Keunggulannya adalah pinjaman ini tidak perlu syarat kartu kredit dan bunga yang ditawarkan sangat bersaing.
  • Pengajuan diajukan dengan mengunduh aplikasi Ceria yang tersedia di Google Play Store.
  • Tidak perlu datang ke kantor cabang atau bertatap muka dengan pihak bank. Semua proses dilakukan secara online.
  • Bahkan, BRI Ceria menggunakan tanda tangan digital (digital signature), yang membuat proses pengajuan tidak memerlukan tanda tangan basah.
  • Pinjaman ini sudah disetujui dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: REKOMENDASI KUR BNI TAHUN2023 TERBARU UNTUK PELAKU UMKM MENCAPAI 500JT

Gambaran Limit dan Tenor Ceria BRI

  • Limit pinjaman Rp 500,000 sampai Rp 20,000,000.
  • Tenor pinjaman mulai dari 1 bulan sampai dengan 12 bulan.
  • BRI Ceria memberikan limit pinjaman yang bisa dipakai untuk belanja dan jika Anda sudah membayar tagihan maka limit akan kembali.

Apakah Ceria Seperti kartu kredit ?

Ceria bekerja layaknya kartu kredit. Tampaknya, nasabah yang belum punya kartu kredit BRI yang menjadi sasaran utama BRI Ceria.

Tapi, BRI Ceria berbeda dengan KTA.

Ceria tidak memberikan pinjaman dalam bentuk dana tunai atau uang tunai. Anda harus transaksi di merchant, baru bisa menggunakan BRI Ceria.

Cara Penggunaan BRI Ceria

  • Setelah mendapatkan persetujuan dan limit di BRI ceria, maka cara melakukan transaksi di merchant dengan Ceria adalah:
  • Pilih barang yang ingin Anda beli di merchant
  • Pada halaman “Pembayaran/Payment” pilih CERIA
  • Pilih jangka waktu pembayaran dan periksa kembali detail transaksi. Klik “Lanjutkan”
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS
  • Yeay! Transaksi sukses

A. Suku Bunga

Yang cukup menarik dari BRI Ceria adalah bunga, yaitu: bunga flat 1,42% per bulan dengan persentase bunga tahunan (Annual Percentage Rate) 17,04%

B. Persyaratan Pengajuan

Secara umum, cara pengajuan sangat mudah dengan cukup mengunduh aplikasi dari Play Store dan melengkapi persyaratan yang diminta.

Baca juga: APLIKASI PINJAMAN ONLINE PALING BANYAK MENYASAR KORBANNYA ADALAH GURU, ADA APA ?

BRI menyebutkan bahwa ada dua langkah, yaitu:

Pertama, registrasi di BRI Ceria dengan membuka aplikasi, mengirimkan OTP dari ponsel dan mendaftarkan PIN. Setelah registrasi selesai, lanjut ke pengajuan pinjaman

Kedua, langkah mengajukan Pinjaman, yang terdiri atas:

  • Verifikasi rekening nasabah BRI
  • Isi data pribadi keluarga dan keuangan
  • Foto KTP Anda
  • Proses Digital Scoring. Jangan lupa verifikasi di email yang terdaftar, supaya tahu persetujuan limit
  • Selamat! Anda dapat limit kredit. klik ‘Terima Penawaran

Jika melihat syarat diatas, satu hal yang paling vital adalah, haarus memiliki rekening nasabah BRI.

C. Cara Pembayaran Tagihan

Terkait harus punya rekening di BRI, cara pembayaran cicilan Ceria adalah dengan autodebet rekening simpanan BRI selama 10 hari sejak tanggal jatuh tempo.

Itu sebabnya kepemilikan rekening BRI menjadi syarat utama saat pengajuan BRI Ceria. 

Kesimpulan:

Pada dasarnya, Bank BRI melalui Produknya CERIA, memberikan kemudahan bagi para nasabah bank BRI dalam berbagai layanan system pembayaran dan keuangan. Tetap bijak dalam menentukan pilihan pinjaman online dalam pemenuhan kubutuhan keuangan! Semoga bermanfaat.