Bravo Timnas U-23 Indonesia! Menekuk Yordania dengan Skor Telak 4-1
4 mins read

Bravo Timnas U-23 Indonesia! Menekuk Yordania dengan Skor Telak 4-1

BimtekDesa – Kabar baik, datang dari arena pertandingan Sepakbola U-23 dari Qatar, dimana Tim Nasional U-23 berhasil menekuk Yordania dengan hasil cukup Telak, 4-1.

Timg Garuda yang di arsiteki oleh Shin Tae-yong tampil Tringginas, mampu membuat tim Yordania tak berkutik. Ke Empat Gol dicipatkan melalui kepiawaian Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, dan Komang Teguh, yang akhirnya berhasil membawa Indonesia melaju ke babak perempat final.

Semenjak awal pertandingan atau babak pertama, Marselino dan kawan kawan telah mempertontokna dominasi dan  penampilan yang sangat  baik, Rangkaian Serangan demi serangan yang mampu dilancarkan, hingga menjadikan pertahanan pemain Yordania menjadi kocar kacir.

Timnas Yordania yang terlihat mulai panik, mau tak mau mulai bermain sedikit kasar. Struick yang menembus pertahanan Yordania dilanggar oleh Amer Jamous di kotak penalti. Wasit pun menunjuk titik putih.

Selanjutnya Marselino maju sebagai penendang, Terjadi sedikit huru-hara sebelum pemain bernomor punggung 7 itu melakukan eksekusi.

Namun, ia melakukannya dengan tenang dan tendangannya mampu mengelabui penjaga gawang Yordania. Gol bagi Indonesia pada menit ke-23. Skor 1-0.

Keberhasilan Marselino dalam mengeksekusi sepakan penalti memantik semangat Garuda Muda menggandakan angka. Hingga akhirnya pada menit ke-40, Witan Sulaeman menjebol gawang Yordania melalui sodoran Rizky Ridho, dan akhirnya pada babak pertam, Skore berakhir dengan kedudukan 2-0 untuk kemenangan Indonesia.

Baca juga: Justin Hubner menjadi Pemain Andalan Benteng Pertahanan Timnas Indonesia

Memasuki Babak Ke Dua, ritme permainan mengalami sedikit perubahan. Yordania semakin menggebu-gebu mengejar ketertinggalan.

Bola menjadi berat ke arah gawang yang dijaga Ernando Ari. Kendati demikian, skuad Garuda Muda tetap mampu menahan serangan tersebut.

Bravo Timnas U-23 Indonesia! Menekuk Yordania dengan Skor Telak 4-1
Bravo Timnas U-23 Indonesia! Menekuk Yordania dengan Skor Telak 4-1

Usai digempur mati-matian oleh Yordania, pemain Indonesia membalikkan arah bola. Melihat Marselino yang melesat, kiper Yordania memberanikan diri untuk maju.

Sayang, kalkulasinya kurang tepat. Marselino, meskipun akhirnya bertabrakan dengan kiper Yordania, telah lebih dulu menendang bola ke gawang The Chivalrous.

Untuk kedua kalinya, pria kelahiran 2004 itu menyumbangkan gol bagi Indonesia. Merah Putih unggul 3-0.

Meski sudah tertinggal cukup jauh, tim asuhan Abdullah Abu Zema masih belum surut semangatnya. Salah satu pemain lawan melakukan tendangan jauh.

Baca juga: Hasil Final Piala Dunia U-17 2023: Jerman keluar sebagai juara setelah mengalahkan Prancis

Hubner berusaha untuk mengadang. Namun, upayanya itu malah menggeser arah bola menuju tepi gawang. Skor berubah menjadi 3-1. Sebuah gol bunuh diri yang manjur menumbuhkan semangat The Chivalrous.

Tak terhitung tembakan dari pemain Yordania yang sangat berpotensi membahayakan Indonesia. Namun, serangan-serangan mampu ditangkis Ernando Ari, begitu pula Adi Satryo, yang menggantikan Ernando mendekati penghujung laga.

Lantaran gempuran Yordania belum surut, skuad Garuda pun masih enggan penat untuk memberikan tekanan. Hingga akhirnya, lemparan maut Pratama Arhan kembali memakan korban.

Arhan melakukan lemparan ke dalam. Bola terbang jauh menuju gawang. Komang Teguh yang berposisi strategis menyundul tipis bola.

Sama seperti ketika berlaga dengan Australia, sundulan tipis Komang membuahkan gol. Indonesia menambahkan angka menjadi 4-1.

Asa The Chivalrous untuk meraih kemenangan belum tuntas. Sayangnya, banyak upaya mereka yang kurang tepat sasaran dan masih mampu dibendung pemain Indonesia.

Wasit pun meniup peluit panjang, tanda permainan berakhir. Laga pamungkas di babak penyisihan Grup A Piala Asia U-23 2024 rampung dengan kemenangan Indonesia 4-1 atas Yordania.

Tim Merah Putih keluar sebagai runner-up dan melaju ke babak gugur menemani Qatar, yang berakhir 0-0 melawan Australia pada Minggu (21/4).

Nantinya, peringkat kedua Grup A akan berhadapan dengan juara Grup B. Dalam hal ini, Indonesia telah ditunggu oleh Jepang atau Korea Selatan.

Untuk kepastiannya, maka perlu melihat hasil matchday ke-3 bagi Jepang dan Korea Selatan yang dijadwalkan berlangsung pada Senin (22/4), pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Piala Dunia U17: Argentina Tumbang di Tangan Mali dengan Skor 0-3

Komposisi Susunan Pemain

Yordania:

Juaidi, Ahmed Afaneh, Haj Ibrahim, Abushahab, Rasem Jamous, Abu Taha, Haitham, Darwish, Almaharmeh, Aldiabat, Kalbouneh

Indonesia:

Ernando, Nathan Tjoe-A-On, Ferarri, Rizky Ridho, Fajar Fathurrahman, Hubner, Pratama Arhan, Ivar Jenner, Marselino, Witan, Rafael Struick