Mengenal Dompet Digital LinkAja dengan Fitur Pinjaman Online
7 mins read

Mengenal Dompet Digital LinkAja dengan Fitur Pinjaman Online

BimtekDesa – Pada dasarnya, Aplikasi LinkAja merupakan Aplikasi E-Wallet atau Dompet Digital yang dilengkapi berbagai macam fitur didalamnya. Slah satu dianaranya adalah, terdapat fitur Pinjaman Online.

Selanjutnya, Aplikasi LinkAja merupakan aplikasi jasa pembayaran yang dimiliki oleh PT Fintek Karya Nusantara (Finarya). Finarya adalah anak usaha dari PT Telekomunikasi Selular Indonesia (Telkomsel), sebuah perusahaan telekomunikasi di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). LinkAja merupakan produk kerja sama Telkomsel dengan anak usaha BUMN lain seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Pertamina, Asuransi Jiwasraya dan DanaReksa.

Bagi Pelanggan lama Telkomsel tentu tidak asing dengan TCASH, aplikasi pembayaran milik Telkomsel yang berfungsi seperti dompet digital, namun dengan peruntukan yang lebih terbatas. LinkAja boleh dibilang menggantikan TCASH. LinkAja mulai beroperasi pada 21 Februari 2019, namun aplikasinya sendiri baru diluncurkan pada 30 Juni 2019. Pengguna TCASH akan otomatis terkonversi ke LinkAja.

Baca juga: MENGENAL LEBIH DEKAT KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PERTANIAN MILIK PEMERINTAH

Dan Pada Oktober 2020, Grab Pte Ltd masuk sebagai pemegang saham baru Finarya. Menyusul pada Maret 2021, PT Dompet Karya Anak Bangsa yang memiliki produk dompet digital GoPay juga turut menanamkan sahamnya. Bergabungnya dua perusahaan ini memperkuat ekosistem digital LinkAja dalam mengupayakan jasa pembayaran satu untuk semua.

Mengenal Dompet Digital LinkAja dengan Fitur Pinjaman Online
Mengenal Dompet Digital LinkAja dengan Fitur Pinjaman Online

Aplikasi LinkAja memiliki dua jenis layanan, yakni layanan reguler dan syariah. Tidak ada perbedaan fitur, hanya saja layanan Syariah dijalankan dengan prinsip tanpa riba dengan akad qardh, yakni pinjaman tanpa imbalan. LinkAja Syariah menjadi uang elektronik pertama dan satu-satunya yang tersertifikasi halal oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca juga: REKOMENDASI KUR BNI TAHUN2023 TERBARU UNTUK PELAKU UMKM MENCAPAI 500JT

Adapaun Jumlah pengguna LinkAja dan LinkAja Syariah mencapai 83 juta orang per Agustus 2022. Nilai transaksi QRIS melalui LinkAja pada paruh pertama 2022 melonjak 600% dibanding tahun sebelumnya, diiringi pertumbuhan merchant ritel sebesar 280%. Di segmen merchant non profit seperti lembaga amal dan donasi, transaksi yang dilakukan melalui LinkAja Syariah meningkat hingga 50% dibanding tahun 2021.

Hingga Saat ini, LinkAja merupakan salah satu aplikasi e-wallet paling baik karena memiliki basis pengguna yang luas.

Sebagai penyedia jasa pembayaran, LinkAja telah mengantongi lisensi dari Bank Indonesia (BI) untuk menerbitkan uang elektronik dan menyelenggarakan layanan keuangan digital berbadan hukum. Finarya sebagai induk LinkAja juga telah menerapkan sistem manajemen keamanan informasi, sehingga aplikasi LinkAja sangat aman dari segi legalitas.

LinkAja berkomitmen mendukung inklusi keuangan pada berbagai sektor di Indonesia. Hal ini diwujudkan dalam fitur-fitur pembayaran yang padat dan padu sehingga benar-benar memudahkan penggunanya.

Baca juga: APLIKASI PINJAMAN ONLINE PALING BANYAK MENYASAR KORBANNYA ADALAH GURU, ADA APA ?

Berikut ini adalah fitur-fitur Unggulan LinkAja:

Pembayaran dengan kode QR

Di era cashless seperti saat ini, kemampuan untuk melakukan pembayaran dengan kode QR mutlak diperlukan pada aplikasi keuangan. LinkAja memiliki fitur pembayaran dengan scan QR code pada ribuan merchant yang bekerja sama, misalnya McDonald dan Chatime.

Anda cukup membuka aplikasi, mengakses menu Bayar, lalu mengarahkan kamera untuk memindai kode QR. Tagihan Anda pada merchant tujuan akan tampil dan Anda tinggal memproses pembayaran.

Kemudahan penggunaannya menjadikan LinkAja sebagai salah satu aplikasi QRIS terbaik.

Kirim dan terima uang

Anda bisa mengirim dan menerima uang melalui aplikasi LinkAja. Untuk pengiriman dana, Anda bisa mentransfer uang ke sesama pengguna LinkAja atau ke rekening bank. Sedangkan untuk terima uang, selain melalui nomor HP terdaftar atau rekening bank, Anda juga bisa menunjukkan kode QR aplikasi LinkAja Anda kepada teman yang akan mentransfer dana. Proses transfer hanya sejauh satu scan dan satu ketukan.

Pembelian dan pembayaran tagihan

LinkAja memungkinkan Anda melakukan pembelian pulsa, paket data, dan token listrik melalui aplikasi. Selain itu, Anda juga bisa melunasi tagihan keperluan sehari-hari seperti tagihan listrik, air, gas, telepon, internet, gas, koperasi, pendidikan, properti, hingga asuransi.

Pembayaran pajak dan retribusi

Lewat aplikasi LinkAja, Anda bisa mengakses menu pembayaran pajak seperti pajak penghasilan, pajak kendaraan, pajak bumi dan bangunan, bea cukai, retribusi, dan lainnya. Fitur ini memudahkan warga negara yang ingin menunaikan kewajibannya. Tak perlu lagi datang dan mengantre di instansi terkait, cukup beberapa kali klik dari aplikasi.

Segmen transportasi

LinkAja benar-benar serius menggarap pembayaran dari segmen transportasi. Di sini, Anda bisa menemukan LinkAja sebagai metode pembayaran pada hampir semua moda transportasi.

Mulai dari kereta, Anda dapat menggunakan LinkAja untuk membeli tiket di KAI Access, KRL Commuter Line dan LRT, Railink, Restaurant Kereta Api (Reksa), dan MRT. Untuk perjalanan dengan bis Anda bisa membayar pakai LinkAja pada DAMRI, Trans luar kota, INairPORT, dan Perum PDD.

Untuk pesawat ada Garuda dan Citilink yang bekerjasama dengan LinkAja. Moda transportasi ojek online pun dirambah dengan adanya Grab, Gojek, dan Okejek. Bahkan untuk pembayaran parkir di Parkee, Reska, dan Sky Parking pun bisa dilakukan lewat LinkAja.

Selain penggunaan transportasi di atas, LinkAja juga bisa Anda pakai untuk memesan taksi, membeli tiket kapal, membayar tol, dan mengisi BBM di SPBU Pertamina.

Baca juga: PENGAJUAN KUR BRI TERBARU DAN TERLENGKAP TAHUN 2023 BESERTA PANDUANNYA

Segmen finansial

Di segmen finansial, LinkAja membekali fitur untuk melakukan investasi, pembayaran asuransi, dan pengajuan paylater.

Investasi dengan jual beli reksa dana dapat Anda lakukan melalui aplikasi setelah Anda menyambungkan LinkAja dengan Bibit. Anda juga bisa mencairkan hasil reksa dana menjadi saldo LinkAja.

LinkAja juga memfasilitasi Anda yang ingin memproteksi diri dengan pembelian dan pembayaran produk asuransi. Selain itu, ada fitur paylater yang dapat Anda ajukan sebagai talangan untuk pembelian barang bernilai besar. Paylater LinkAja menggandeng platform PayLater terpercaya seperti Kredivo, Indodana Paylater, dan BRI Ceria sebagai sumber dana.

Segmen hiburan

Pada segmen hiburan, LinkAja memberi Anda kemudahan dalam melakukan booking dan pembelian tiket acara hiburan dan atraksi, karena LinkAja bekerja sama dengan berbagai penyelenggara konten hiburan. Misalnya CGV dan Cinema XXI untuk kategori tiket bioskop serta GoTix untuk tiket musik dan konser.

Dana sosial

Bagi Anda yang suka aktivitas filantropi atau gemar beramal, LinkAja menyediakan fitur donasi untuk menyalurkan dana sosial Anda kepada yang membutuhkan. Anda tinggal memilih komunitas atau lembaga yang ingin Anda titipi dana.

Pinjaman online

Salah satu fitur menarik dari LinkAja adalah fitur kredit tanpa agunan (KTA) atau pinjaman online. Kredit ini disediakan oleh Mandiri Utama Finance, UKU, Pegadaian, dan Kredit Pintar, dan pengajuannya dapat dilakukan langsung dari aplikasi LinkAja. Anda tinggal memilih salah satu sumber dana di atas untuk pengajuan pinjaman. Prosesnya sepenuhnya online dan tanpa agunan, kecuali untuk dana yang berasal dari Pegadaian.

Tarik tunai

LinkAja dilengkapi fitur tarik tunai tanpa kartu sehingga Anda dapat mencairkan saldo Anda ke dalam uang fisik. Tarik tunai dapat dilakukan melalui ATM, Indomaret, atau Alfamart.

Baca juga: Rekomendasi 6 Aplikasi Pinjaman Online Pemerintah milik Bank Ternama

Fitur Tambahan Lain

Selain semua fasilitas yang disebutkan di atas, LinkAja juga tergabung dengan berbagai layanan lain dari berbagai sektor, mulai dari layanan kesehatan, pesan antar makanan, hingga keperluan rumah tangga.

Fitur-fitur di atas dapat dinikmati oleh seluruh pengguna LinkAja, baik reguler maupun syariah. Khusus untuk pengguna LinkAja Syariah, masih ada beberapa fitur lagi yang dapat Anda manfaatkan, antara lain:

Layanan ZISWAF: LinkAja Syariah memberi fitur pembayaran zakat, infaq, shodaqoh, dan wakaf sehingga penggunanya dimudahkan dalam membayar kewajiban dan beramal kepada sesama.

Investasi dan pinjaman syariah: LinkAja Syariah menggunakan akad qardh yang mengatur pinjaman tanpa imbalan. Dengan demikian, Anda bisa mengajukan paylater dan pinjaman online di LinkAja Syariah tanpa bunga sehingga bebas riba. Selain itu, juga ada produk investasi dan asuransi syariah yang dapat Anda pilih.

Pembayaran haji dan umroh: Merencanakan perjalanan ke tanah suci semakin dimudahkan dengan adanya fitur tabungan haji online dan pembayaran umroh secara aman oleh LinkAja Syariah.