Rekomendasi 4 Tujuan Wisata Kawah terindah di Indonesia
2 mins read

Rekomendasi 4 Tujuan Wisata Kawah terindah di Indonesia

BimtekDesa – Anugrah Sang Kuasa kepada bangsa ini yang maha besar adalah keindahan dan panorama alam yang begitu mempesona, baik pada alam pedesaan, hutan, lembah, gunung, laut, sungai, goa, tebing, kawah dan masih banyak lainnya.

Eksistensi Wisata Alam Indonesia telah membahana seantero Dunia, dan tidak dapat diragukan lagi akan fakta tersebut. Sebagai negara yang berada di jalus khatulistiwa, tentu juga memiliki kekayaan flora dan fauna yang begitu mempesona.

Namun dalam artikel ini akan membahas tentang beberapa tujuan wisata yang berada di jalur pegununungan, dimana terdapat banyak kawah-kawah yang indah untuk menjadi refrensi kunjungan wisata keluarga anda.

Baca juga: Melirik Pesona Goa Terindah di Asia Tenggara, Goa Gong Pacitan Jawa Timur

Kawah-kawah gunung  tersebut menawarkan pemandangan indah karena perpaduan warna alami yang dihasilkannya, mulai dari warna bias hijau cerah dan perpaduan beberapa warna  sesuai dengan kepekatan gas yang dikeluarkan.

Selain itu, bentangan kawah yang melintang memiliki warna air yang cantik, di samping udara sejuk dan panorama hijau nan asri di sekitar gunung siap membuat kagum bagi para pengunjung. Kawasan kawah pun tersebar di berbagai wilayah Indonesia dengan ciri dan keindahannya masing-masing.

Rekomendasi 4 Tujuan Wisata Kawah terindah di Indonesia:

1. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang
Kawah Sikidang

Nama Kawah Sikidang dalam dunia pariwisata Indonesia sudah tidak asing lagi. Berlokasi di Dataran Tinggi Dieng, Kulon Batur, Kecamatan Banjarnegara, Jawa Tengah ini merupakan kawasan kawah yang masih aktif. Tak hanya memiliki pemandangan indah, Kawah Sikidang memiliki keunikan beruupa munculnya gas bumi yang berpindah-pindah tempat layaknya hewan kijang atau dalam bahasa lokal disebut sebagai sikidang. 

Baca juga: Mengenal dari dekat Desa Wisata Terindah di Dunia,  Nagari Pariangan!

2. Kawah Kelimutu

Kawah Kelimutu
Kawah Kelimutu

Kawah Kelimutu berlokasi di daerah Kelimutu, Ende Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dikutip jlbg.geologi.esdm.go.id, Kawah Kelimutu menyuguhkan fenomena alam unik yaitu kawahnya yang bisa berubah-ubah sebanyak tiga warna. Biasanya, warna yang muncul yaitu biru-hijau-hitam atau putih-merah-biru. Warna-warna ini berubah setiap tahun tetapi tidak bisa diprediksi kemunculannya.

Baca juga: MELIRIK PESONA ASRI DESA PENGLIPURAN DI KAKI GUNUNG BATUR DENGAN LINKUNGAN BERSIH

3. Kawah Putih

Kawah Putih
Kawah Putih

Kawah Putih merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Jawa Barat, yang berlokasi di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Melansir repository.upi.edu, Kawah Putih adalah sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha yang berada di ketinggian 2434 mdpl.

Baca juga: REKOMENDASI TEMPAT WISATA DAN OUTBOUND TERINDAH: CAMP HULU CAI DI KAKI GUNUNG PANGRANGO CIAWI BOGOR

4. Kawah Ijen

Kawah ijen
Kawah ijen

Melansir jurnaljam.ub.ac.id, Kawah Ijen berlokasi di Gunung Ijen, tepatnya di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Kawah Ijen memiliki ciri khas yang berbeda dengan kawah lain yakni warna kawah yang bisa berubah berwarna hijau atau bewarna biru.

Sumber: https://travel.tempo.co/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *