Mengenal dari dekat Desa Wisata Terindah di Dunia,  Nagari Pariangan!
2 mins read

Mengenal dari dekat Desa Wisata Terindah di Dunia,  Nagari Pariangan!

Jakarta – Salah satu Desa yang menjadi tempat Wisata 50 besar terbaik dunia adalah Desa Wisata Nagari Pariangan. Desa ini sangat indah dan memiliki pesona suasana alam pedesaan yang begitu memukau.

Dalam kesempatan lain, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno tengah melakukan kunjungan ke berbagai desa wisata. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka visitasi 50 besar nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Desa Wisata Nagari Pariangan menjadi salah satu dari 50 besar desa wisata tersebut. Desa ini terletak di Lereng Gunung Marapi. Desa ini berjarak sekitar 95 kilometer dari Kota Padang dan 35 kilometer dari Kota Bukittinggi.

Baca juga: MENDES PDTT MENYEBUTKAN PENINGKATAN DESA MANDIRI TAHUN 2022 MENJADI 6.238 DESA

Mengenal dari dekat Desa Wisata Terindah di Dunia,  Nagari Pariangan!
Mengenal dari dekat Desa Wisata Terindah di Dunia,  Nagari Pariangan!

Dalam kunjungannya, Sandiaga Uno mempersiapkan desa ini untuk menjadi destinasi wisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Hal ini dipersiapkan dalam rangka menyambut Visit Sumatra Barat 2023.

Desa Wisata Nagari Pariangan terletak di ketinggian sekitar 500-700 meter. Sebagai dataran tinggi, desa ini menawarkan pemandangan alam yang menawan.

Panorama desa ini didominasi oleh hijaunya hamparan terasering sawah. Selain itu, karena letaknya yang cukup tinggi, desa ini juga memiliki udara yang sejuk. Kombinasi keindahan alam dan suasana yang menyejukkan membuatnya dijuluki sebagai desa terindah di dunia.

Baca juga: KEMENDES SAMPAIKAN DATA 4.982 DESA MASIH SANGAT TERTINGGAL, TERBANYAK DI 3 PROVINSI.

Selain wisata alam, desa ini juga memiliki beragam potensi wisata lain seperti budaya, seni, hingga kuliner. Beberapa unsur budaya hingga kuliner yang dapat dikembangkan adalah tari piriang, musik talempok pacik, saluang, kuliner dakak-dakak, serta kopi kawa daun.

Desa ini memiliki potensi wisata yang melimpah. Sehingga Sandiaga mengajak masyarakat setempat dan pihak-pihak terkait agar dapat mengembangkannya dengan optimal.

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengembangkan pariwisata berbasis komunitas. Masyarakat yang menjadi tonggak pengembangan wisata desa. Sedangkan pemerintah menjadi pihak yang memfasilitasi.

Baca juga: INSPIRASI KESUKSESAN DESA PUJONGKDUL TELAH TERSEBAR DI BERBAGAI PELOSOK NUSANTARA!

“Masyarakatlah yang akan mengelola, membina, membimbing, dan membawa peluang ekonomi sehingga terciptalah lapangan kerja. Kami di pemerintah mulai dari kabupaten, provinsi hingga pemerintah pusat memfasilitasi dan dengan begitu ini (pengelolaan wisata Pariangan) sangat membumi, karena pelakunya adalah masyarakat sendiri,” kata Sandi.

Sumber: https://travel.detik.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *