10 Besar Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022, Desa Mana yang akan Juara?
2 mins read

10 Besar Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022, Desa Mana yang akan Juara?

BimtekDesa – Pagelaran Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022 merupakan sebuah ajang rutin yang diadakan oleh pemerintah provinsi jawa tengah untuk memberi apresiasi dan kompetisi kepada sejumlah desa wisata yang ada di Jawa Tengah.

Ada sekitar 27 Desa yang ikut mengambil peran dan berpartisipasi dalam kontestasi Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022. Dan untuk Ajang kali ini mengambil Tema “ Gumregah, Jumangkah, Hanggayuh Mukti “, yang diselanggarakan olehDinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

Makna dari Tema ini adalah merepresentasikan semangat kebangkitan seluruh elemen di Desa Wisata untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, dan bergerak bersama menuju kejayaan.

Mengutip dari laman visitjawatengah, Sabtu (19/11/2022), Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah telah mengumumkan daftar desa wisata yang masuk 10 besar Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022 pada Senin siang (14/11/2022) melalui zoom meeting.

Baca juga: Terlengkap! Soal Tes Perangkat Desa Tahun 2023 beserta Kunci Jawaban

27 Desa Wisata sebagai nominator yang terpilih untuk mengikuti ajang apresiasi Desa Wisata tingkat Povinsi Jawa Tengah 2022. Adapun Penilaian tahap pertama oleh dewan juri dilakukan secara online melalui video yang diunggah di kanal Youtube masing-masing Desa Wisata pada Jumat lalu (11/11/2022).

10 Besar Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022, Desa Mana yang akan Juara?
10 Besar Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022, Desa Mana yang akan Juara?

Kemudian, Disporapar Provinsi Jawa Tengah akan mengunjungi dan meninjau ke-10 desa wisata tersebut. Puncak Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022 akan diselenggarakan secara offline pada Sabtu (26/11/2022) mendatang sejak pagi hingga malam hari bertempat di Gerbang Gajah Desa Wisata Kembanglimus, Kabupaten Magelang.

Baca juga: Teladan yang patut di Contoh Daerah lain, Pemkab Bogor Mengasah Kemampuan 165 Perangkat Desanya di Kampus IPB

Dalam kesempatan tersebut, nominator desa wisata akan melakukan pameran dengan menampilkan produk-produk lokal. Selama pameran berlangsung, penilaian tetap dilakukan sampai akhirnya terpilih desa wisata terbaik untuk kategori paket wisata, atraksi seni budaya, sapta pesona dan CHSE, serta homestay dan toilet bersih.

inilah 10 Besar Desa Wisata di ajang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022:

1. Desa Wisata Giyanti (Kabupaten Wonosobo)

2. Desa Wisata Kandri (Kota Semarang)

3. Desa Wisata Conto (Kabupaten Wonogiri)

4. Desa Wisata Dawuhan (Kabupaten Banjarnegara)

Baca juga: Daftar Juara Pemenang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022

5. Desa Wisata Muncar (Kabupaten Semarang)

6. Desa Wisata Sambongrejo (Kabupaten Blora)

7. Desa Wisata Somongari (Kabupaten Purworejo)

8. Desa Wisata Karangrejo (Kabupaten Magelang)

9. Desa Wisata Pekunden (Kabupaten Banyumas)

10. Desa Wisata Sidowarno (Kabupaten Klaten) Yuk, dukung terus perwakilan daerahmu dalam ajang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022. 

Demikianlah 10 Desa Wisata terpilih dalam Pagelaran Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *