Mobil Listrik Chery Omoda 5 EV akan diproduksi Desember Tahun 2023
3 mins read

Mobil Listrik Chery Omoda 5 EV akan diproduksi Desember Tahun 2023

BimtekDesa – Qu Jizong selaku Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia (CSI) menyampaikan seluruh kesiapan pihaknya serta akan melakukan rencana Produksinya mulai pada Bulan Desember tahun 2023.

Hal ini ditandai dengan Kesepakatan yang telah disampaikan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Deputi Menteri Ali Murtopo dan Staf Ahli Menteri Putu Suryawan. Tepatnya pada pertemuan bilateral yang dilaksanakan 27 November kemarin.

“Kesiapan produksi perdana Chery Omoda 5 EV ini kami sampaikan secara langsung kepada pemerintah. Tak lain sebagai bentuk update dari komitmen kami untuk mendukung perkembangan industri kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Qu Jizong, dalam surel resmi.

Baca juga: Telegram tidak akan Menghapus akun Hamas dan Pendukung Perjuangan

Dengan kesiapan produksi ini, artinya Chery Sales Indonesia juga sudah siap untuk memenuhi jumlah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sesuai aturan pemerintah. Setidaknya 40 persen.

Mobil Listrik Chery Omoda 5 EV akan diproduksi Desember Tahun 2023
Mobil Listrik Chery Omoda 5 EV akan diproduksi Desember Tahun 2023

Untuk itu, perusahaan berjanji bakal bekerja sama dengan beberapa mitra lokal yang berkompeten untuk memproduksi berbagai macam komponen kendaraan listrik di Indonesia. Kemitraan ini juga merupakan cara CSI mendukung perekonomian dalam negeri di sektor otomotif.

Chery Omoda 5 EV merupakan mobil listrik yang dilengkapi dengan berbagai teknologi terkini. Termasuk power train listrik nan efisien, baterai berkapasitas besar dan fitur keselamatan canggih.

Baca juga: Gerakan BDS Global targetkan Boikot 9 Produk Israel termasuk Google dan Amazon

Mobil ini diyakini dapat menjadi pilihan menarik bagi konsumen Indonesia yang mencari kendaraan listrik kompetitif serta ramah lingkungan.

“Kami percaya bahwa dengan berinvestasi di teknologi kendaraan listrik dengan lokalisasi komponen. Chery dapat berkontribusi dalam membentuk masa depan industri otomotif di Indonesia,” imbuh Qu Jizong.

Bagaimana kapabilitasnya? Chery International menjelaskan bila Omoda 5 EV memiliki jarak jangkau hingga 700 km sekali pengisian baterai penuh.

Ketika dipasarkan di Indonesia tahun depan, Omoda 5 mungkin saja jadi salah satu mobil listrik dengan daya jangkau jauh.

Kualitas Performa Luar Biasa

Untuk sekadar tambahan, di Indonesia, mobil listrik dengan jelajah tertinggi dipegang oleh Mercedes-Benz EQS 450+ (770 km). Lanjut BMW i4 (590 km), disusul Hyundai Ioniq 5 (461 km).

Mobil listrik Chery ini juga memiliki catatan akselerasi tangkas. Berdasarkan klaim pabrikan, mengilat dari posisi 0 hingga 100 km/jam rampung dalam tempo 3 detik.

Versi listrik murni dari Omoda 5 tetap menggunakan large screen yang berfungsi sebagai panel meter sekaligus layar infotainment. Namun bentuknya lebih melengkung (curved) dibanding tipe mesin konvensional.

Baca juga: Dana Desa di Kucurkan Rp335T tak sesuai Hasil yang diharapkan

PT CSI menyatakan komitmen melakukan upaya terbaik dan maksimal dalam pelaksanaan proyek pembangunan industri KBLBB di Indonesia. Salah satunya dengan mematuhi regulasi mengenai nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sesuai aturan berlaku.

Sebagai perusahaan berbasis teknologi. Mereka juga berjanji untuk melakukan R&D. Lalu berupaya peningkatan teknologi serta program pengembangan keterampilan agar dapat meningkatkan kemampuan manufaktur. Untuk memenuhi bahkan melampaui standar industri dalam hal kualitas maupun keamanan.

Sumber: https://www.liputan6.com/