Penghargaan dari Kemendes untuk 5222 Desa Mandiri
2 mins read

Penghargaan dari Kemendes untuk 5222 Desa Mandiri

BimtekDesa – Sebanyak 5222 pemerintah desa (Pemdes) akan diberikan penghargaan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dalam meraih status sebagai DESA MANDIRI. Dalam penghargaan lain, juga akan diberikan kepada kabupaten atau kota, serta provinsi.

Abdul Halim Iskandar (Gus Halim)  selaku Mendes PDTT menyebutkan kriteria yang diberikan yakni penghargaan pertama dengan kriteria provinsi serta kabupaten/kota yang keseluruhan desanya memiliki status perkembangan desa mandiri. Sedangkan untuk kriteria kedua, berupa penghargaan madya dengan provinsi serta kabupaten/kota yang keseluruhan desanya memiliki status perkembangan desa maju dan mandiri.

Baca juga: Masa Jabatan Kepala Desa (Kades) 9 Tahun, Berapa Gaji, Tunjangan dan Fasilitasnya?

Penghargaan dari Kemendes untuk 5222 Desa Mandiri

“Ketiga penghargaan pertama dengan kriteria yang keseluruhan desanya memiliki status perkembangan desa berkembang, maju, dan mandiri,” kata Gus Halim.

Melalui Keputusan Mendes PDTT Nomor 176 tahun 2023 tertanggal 14 Juli 2023. Kemendes PDTT memberikan penghargaan percepatan pembangunan desa mandiri. Kepulauan Riau (Kepri) dan Riau merupakan dua provinsi yang mendapatkan penghargaan. Untuk Provinsi Kepri, Kabupaten Bintan mendapat penghargaan kategori pertama pada tingkat kabupaten/kota. Penghargaan kategori pertama juga diterima Kabupaten Karimun, Kepulauan Anambas, Lingga dan Natuna.

Baca juga: BRI melalui Program Desa Brilian Tahun 2023 Bacth 2 diminati  banyak Desa

Selanjutnya untuki wilayah Provinsi Riau, Kabupaten Bengkalis memperoleh penghargaan kategori madya. Wilayah di Riau yang peroleh penghargaan kategori pertama yaitu Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar, Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu dan Siak.

Adapun beberapa daerah yang sukses menjadikan seluruh desanya masuk kategori mandiri, yaitu Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali; dengan 133 desa. Selanjutnya Kabupaten Bantul, Provinsi DIY; dengan 75 desa, dan Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat; dengan 93 desa.

“Saya sudah menandatangani Surat Keputusan Nomor 175 Tahun 2023 yang menyebutkan terdapat 11.456 desa mandiri,” pungkas Gus Halim.

Baca juga: Kemendes Memberikan Selempang SDGs Desa kepada 8 Kades Berprestasi

Menurut  data IDM 2023, tercatat jumlah desa mandiri meningkat menjadi 11.456 desa dari sebelumnya hanya 6.238 pada tahun 2022. Sedangkan jumlah desa maju pun melesat menjadi 23.035 desa dibandingkan tahun 2022 hanya 20.249 desa. Selanjutnya jumlah desa berkembang pada tahun 2023 menurun jadi 28.766 dari tahun sebelumnya 33.902 desa. Begitupun desa tertinggal turun jadi 7.154 desa dan sangat tertinggal tersisa 4.850 desa.