Wajib di Tiru! BUMDes Rodinda Sumbang PADes Rp. 8.950.600.00 Tahun 2022
3 mins read

Wajib di Tiru! BUMDes Rodinda Sumbang PADes Rp. 8.950.600.00 Tahun 2022

BimtekDesa – Satu lagi Bumdes dari kecamatan Lenteng Sumenep Madura, Wajib di tiru karena prestasinya dalam meraup nilai PADES yang cukup fantatsis.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) RODINDA Desa Lenteng Barat Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep Madura ini berhasil menyumbangkan Pendapatan Asli Desa (PADes) Tahun 2022 sebesar Rp. 8.950.600.00.

Usaha digitalisasi desa dibidang digital printing (percetakan) dan usaha digital desa berbasis internet desa yang digeluti dan dikelola dengan mumpuni, mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk desa dan masyarakat setempat.

Diketahui pada Tahun 2022 ini lebih meningkat jika dibandingkan pada Tahun 2021 lalu yang tercatat sebesar Rp. 8.480.300 (Delapan Juta empat ratus delapan puluh ribu tiga ratus rupiah).

Baca juga: Inilah Syarat yang harus diketahui Kepala Desa untuk Mengganti Perangkat Desa

Sumbangan PADes dari BUMDes Rodinda Tahun 2022 ini berlangsung di Balai Desa Lenteng Barat, Kecanatan Lenteng Sumenep pada Senin (26/12/2022) pukul 11.00 WIB.

Wajib di Tiru! BUMDes Rodinda Sumbang PADes Rp. 8.950.600.00 Tahun 2022
Wajib di Tiru! BUMDes Rodinda Sumbang PADes Rp. 8.950.600.00 Tahun 2022

“BUMDes Rodinda Lenteng Barat melakukan kegiatan serah terima sumbangan PADes selama Tahun 2022 ke Desa ini sebesar Rp. 8.950.600.00. Alhamdulillah tahun ini lebih meningkat dari tahun sebelumnya,” terang Direktur BUMDes Rodinda Desa Lenteng Barat, Ach. Lutfi saat ditemui usai acara.

 Meskipun peningkatan PADes masih dibilang kecil selama Tahun 2022, namun bagi pengelola BUMDes Rodinda ini sangatlah luar biasa.

“Ini sudah luar bisa, kenapa karena karyawan dari BUMDes Rodinda ini ada peningkatan dari sebelunya hanya dua orang dan sekarang sudah ada empat karyawan di usaha digital desa,” paparnya.

Lebih dari itu kata putra asli Desa Lenteng Barat ini, pihaknya fokus memberdayakan SDM Desa sendiri untuk bangkit dari keterpurukan kondisi ekonomi.

Baca juga: Kepala Desa Meminta Perangkat Desa agar Selalu Hadir di Kantor

“Kita berdayakan SDM di Desa sendiri, yang dari awalnya tidak menghasilkan apa-apa dan sekarang Alhamdulillah,” kata Ach. Lutfi.

Ditanya bagaimana untuk lebih mengembangkan usaha BUMDesnya kedepan labih maju dan berkembang lagi, pihaknya mengaku terus akan mengembangkan dan memanfaatkan aset yang ada. Alasannya, omset pada Tahun 2023 mendatang bisa meningkat lagi.

Terpisah, Camat Lenteng Sumenep Suryadi Irawan mengaku sangat bangga dan mengapresiasi terhadap BUMDes Rodinda Desa Lenteng Barat yang aktif dan menyumbangkan atau kontribusi untuk PADes Tahun 2022.

“Ini perlu kita dorong dan dikembangkan, karena benar-benar berjalan dan bisa memberikan kontribusi PADes,” pungkasnya.

Baca juga : Pertanggungjawaban Dana Desa Model Lumpsum di Upayakan Kemendes PDTT

Pihaknya berharap, BUMDes Rodinda terus bergerak disegala bidang usaha. Sebab menjadi perhtian khusus dari pemerintah pusat.

“Harapanya Bumdes Rodunda ini menjadi perhatian dari pemerintah, karena untuk peningkatan perekonomian. Maka bergelak disegala bidang,” harapnya.

Untuk diketahui, BUMDes Rodinda Desa Lenteng Barat, Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumnep pada Tahun 2020 mendapat kucuran modal dari desa setempat sebesar Rp.100 juta dan ditambah Rp 50 juta menjadi Rp 150 juta pada Tahun 2021.

Hadir dalam acara itu, Direktur BUMDes Rodinda Desa Lenteng Barat, Ach. Lutfi, Camat Lenteng, Suryadi Irawan, Sekretaris Desa Lenteng Barat, H. Halili dan Pendamping Desa Kecamatan Lenteng, Muzanni

Ikuti dan baca beritanya di GOOGLE NEWS atau GOOGLE BERITA

Sumber: TribunMadura.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *