Fakta Gaji Perangkat Desa Lebih besar dari PNS
2 mins read

Fakta Gaji Perangkat Desa Lebih besar dari PNS

BimtekDesa – Salah satu posisi penting pada system pemerintahan Desa adalah, Perangkat Desa. Tanpa adanya perangkat desa, maka tugas Kepala Desa (KADES) dalam menjalankan roda pemerintahan desa tidak akan berjalan dengan baik.

Dalam ruang lingkup pedesaan, jabatan perangkat desa termasuk salah satu yang banyak diminati. Besarnya animo masyarakat yang ingin menjadi perangkat desa juga membuat seleksinya cukup ketat.

Meski demikian, banyak yang penasaran dengan berapa sih gaji perangkat desa? Dikutip dari IDN Times, berikut ini adalah informasi tentag fakta gaji perangkat desa.

Bacaa juga: Wacana Kementan Dilebur ke Kemendes disampaikan Ketua Umum PKB

Fakta Gaji Perangkat Desa Lebih besar dari PNS
Fakta Gaji Perangkat Desa Lebih besar dari PNS

Fakta Gaji Perangkat Desa Lebih besar dari PNS

1. Gaji perangkat desa bisa lebih besar dari PNS golongan IIA

Gaji perangkat desa telah dianggarkan melalui APB Desa yang bersumber dari alokasi dana desa (ADD). Besaran gaji yang diterima perangkat desa paling tinggi tercatat sebesar Rp2.224.420 atau 110 persen dari gaji pokok PNS golongan II A.

Sementara itu, gaji perangkat desa paling sedikit sebesar Rp2.022.200 per bulan atau setara dengan 100 persen dari gaji pokok PNS. Perlu diingat, gaji perangkat desa bisa saja lebih tinggi dari besaran tersebut. Semua tergantung kebijakan daerah masing-masing.

Adapun pengaturan gaji para perangkat desa tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Baca juga: Habiskan Anggaran 70 Triliun, Kompetensi Perangkat Desa Wajib dipertanyakan!

2. Perangkat desa juga menerima penghasilan lain

Tidak hanya gaji pokok, perangkat desa juga menerima penghasilan lain yang berasal dari pengelolaan tanah desa. Hal itu telah diatur dalam PP Nomor 11 Tahun 2019 Pasal 100.

“Penghasilan belanja desa sebagaimana dimaksud di luar pendapatan yang bersumber dari hasil pengelolaan tanah bengkok atau sebutan lain,” bunyi Pasal 100 ayat (2).

3. Presiden Jokowi naikkan gaji kepala desa dan perangkatnya

Pada 28 Februari 2019, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Berikut rinciannya:

Bupati/Wali kota menetapkan besaran penghasilan tetap Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan Perangkat Desa lainnya, dengan ketentuan:

Baca juga: Luar Biasa, Masih Banyak Perangkat Desa jadi Anggota Parpol!

a. besaran penghasilan tetap Kepala Desa paling sedikit Rp2.426.640,00 setara 120 persen dari gaji pokok Pegawai Negeri Sipil golongan ruang II/a

b. besaran penghasilan tetap Sekretaris Desa paling sedikit Rp2.224.420,00 setara 110 persen dari gaji pokok Pegawai Negeri Sipil golongan ruang II/a

c. besaran penghasilan tetap Perangkat desa lainnya paling sedikit Rp2.022.200,00 setara 100 persen dari gaji pokok Pegawai Negeri Sipil golongan ruang II/a

Ikuti dan baca beritanya di GOOGLE NEWS atau GOOGLE BERITA

Sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *